KEGIATAN KHUSUS (SPECIAL EVENTS)



KEGIATAN KHUSUS (SPECIAL EVENTS)

Menyelenggarakan acara atau kegiatan khusus (Special Event) dalam Public Relations merupakan salah satu kiat untuk menarik perhatian media pers dan publik terhadap perusahaan atau produk tertentu yang akan ditampilkan dalam acara tersebut.

Special Event adalah sebuah event yang biasanya dilaksanakan untuk mendapatkan perhatian pada media untuk klien, perusahaan atau produk

Event tersebut juga dapat didesain untuk mentransfer pesan spesifik tentang produk anda contohnya, fakta yang menunjukan bahwa perusahaan tersebut memberikan kesempatan yang sama kepada semua pekerja, perusahaan tersebut merupakan tempat yang tepat untuk bekerja, bertanggung jawab terhadap lingkungan sosial, merupakan tetangga yang baik memberikan tempat pada kemajuan wanita, memproduksi produk berkualitas nomor satu atau perusahaan tersebut merupakan pembayar pajak yang patuh. Sebuah Special Event dapat juga berupa peluncuran produk atau publisitas produk.

Rachmat Kriyantono (2008:27) menyampaikan bahwa Arti Special Event menurut istilah lain sebagai berikut:
Special, atau spesial berarti sesuatu yang “istimewa”, pengecualian (khas) dan tidak umum.
Event, Suatu kejadian penting atau peristiwa khusus, baik yang terjadi secara internal, lokal, maupun naional dan bahkan berkaitan dengan suatu peristiwa (event) secara internasional.

Pengertian Event of Public Relations adalah kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk memperkenalkan produk, progam maupun organisasi kepada khalayak dengan Public Relations sebagai motornya.

Special Event yaitu peristiwa khusus tersebut secara garis besarnya terdapat tiga jenis kegiatan dalam Public Relations, yaitu:
Acara suatu peresmian
Acara peringatan tertentu
Acara Komersial (new product launching) atau Non Komersial (Social Community Relations) 

Fungsi Special Event
Untuk memberikan secara langsung (bertatap muka) dan mendapatkan hubungan timbal balik yang positif dengan publiknya melalui progam kerja atau acara khusus yang sengaja dirancang dan dikaitkan dengan event (perhatian khusus).
Sebagai media komunikasi dan sekaligus untuk mendapatkan publikasi dan akhirnya media massa atau publik sebagai target sasarannya akan memperoleh pengenalan, pengetahuan, pengertian yang mendalam dan diharapkan dari acara khusus tersebut dapat menciptakan citra positif terhadap perusahaan atau lembaga / produk yang diwakilinya.

Tujuan Special Event

Tujuan Special Event :
Pengenalan (awareness) mendapat dukungan publik atau media pers dan meningkatkan pengetahuan (knowledge) terhadap lembaga / perusahaan dan produk yang ditampilkan.
Suatu proses publikasi melalui komunikasi timbal balik yang pada akhirnya akan memperoleh publisitas yang positif

Prinsip-prinsip Penyelenggaraan Event

Adapun prinsip-prinsip penyelenggaraan event menurut Rachmat Kriyantono (2008:39) yang ada adalah sebagai berikut:
Perencanaan

Menetapkan rencana kegiatan, baik secara konsep maupun teknis berdasarkan observasi mengenai kegiatan tersebut serta memprediksi hasil yang dicapainya.
Maksud dan tujuan

Mengidentifikasikan maksud yang ingin dicapai sesuai skala prioritas organisaisi dan menetapkan tujuan jangka pendek serta jagka panjang yang disesuaikan dengan visi dan misi organisasi.
Anggaran

Membuat rancangan biaya yang digunakan untuk mengadakan kegiatan tersebut yang disesuaikan dengan kondisi keuangan organisasi dan menjalin kerjasama dengan sponsor yang dilibatkan memperkecil resiko biaya.
Pengawasan

Melakukan langkah-langkah pencegahan untuk menghindari hal-hal yang keluar dari tujuan atau ada ketidaksesuaian pada proses pelaksaan dengan perencanaan yang dibuat sebelumnya.

Posting Komentar

0 Komentar